SMAN 13 Jakarta Utara Kunjungi Museum Jenderal Nasution dan Museum Jenderal Ahmad Yani Jakarta ~ Museum Dan Monumen Pusat Disjarahad







SMAN 13 Jakarta Utara Kunjungi Museum Jenderal Nasution dan Museum Jenderal Ahmad Yani Jakarta

** 
Hari Kamis, tanggal 19 Januari 2023 sebanyak 70 siswa dan 2 orang guru pendamping dari SMAN 13 Jakarta Utara berkunjung ke Museum Jenderal Besar Dr AH Nasution di jl Teuku Umar no 40 Menteng Jakarta Pusat dan Museum Sasmitaloka Jenderal Ahmad Yani di jl Lembang no. 58 Jakarta Pusat.

 Kunjungan diawali dengan berkunjung ke Museum Jenderal Besar Dr AH Nasution pada pukul 08.00-9.20 Wib.
Di Museum Nasution, rombongan diterima oleh Kpt Czi Sunardi selaku Kepala Museum Jenderal Besar Dr AH Nasution.

Dalam sambutannya Kpt Sunardi mengucapkan terima kasih atas kunjungan siswa SMAN 13 Jakarta Utara ke Museum Jenderal Besar Dr AH Nasution dan berharap agar para siswa bisa mengerti tentang sosok Jenderal Nasution tidak sebatas dari buku pelajaran. Akan tetapi bisa merunut jejak perjuangan beliau ke rumahnya dengan koleksi buku² karya Jenderal Nasution.
"Semoga kalian dapat mewarisi jiwa, semangat pengabdian kepada bangsa dan negara sebagaimana ditunjukkan oleh Jenderal Nasution" pesan Kpt Nardi mengakhiri sambutannya.

Rombongan selanjutnya dipandu oleh Kpt Sunardi, Peltu Afrianto dan Peltu Anwar untuk melihat koleksi museum Jenderal Besar Dr AH Nasution secara lebih dekat dan lengkap. Para siswa mengikuti dan mendengarkan penjelasan pemandu dengan penuh semangat dan antusias. 
Kunjungan berakhir PKL. 09.20 Wib dengan aman tertib dan lancar.

Rombongan selanjutnya meneruskan kunjungan ke Museum Jenderal Ahmad Yani di jl. Lembang no.58 Jakarta Pusat.

Rombongan tiba di Museum Sasmitaloka Jenderal Ahmad Yani Pkl .09.30 Wib diterima oleh Kpt Caj Suroso selaku Kepala Museum Sasmitaloka Jenderal Ahmad Yani.

Dalam sambutannya Kpt Suroso menyampaikan secara ringkas ttg Sejarah bangunan Museum dan rangkaian peristiwa yang terjadi di tempat ini pada tgl 30 September 1965. Peristiwa pembunuhan terhadap Jenderal Ahmad Yani oleh sekelompok pasukan Cakrabirawa yang terlibat dalam peristiwa gerakan yg diberi nama G 30 S/ PKI.
" Mudah²n peristiwa tragis nan kelam itu jangan pernah terjadi lagi di Indonesia" ungkap Kpt Suroso diakhir sambutannya

Rombongan selanjutnya dipandu oleh Kpt Suroso, Pelda Wawan Sutrisno, dan PNS Hilmi Halim untuk menyusuri jejak² terjadinya penculikan thd Jenderal Ahmad Yani beserta koleksi benda² lainnya yang tersimpan di Museum ini.
Para siswa mengikuti dan mendengarkan penjelasan pemandu dengan penuh semangat dan antusias:

Pesan moral dari kunjungan ke Museum Jenderal Besar Dr AH Nasution dan Museum Sasmitaloka Jenderal Ahmad Yani adalah:
1. Bahwa peristiwa sejarah pasti akan selalu berulang.
2. Dengan kita belajar sejarah masa lalu maka ke depan kita akan lebih bijak dan waspada
3. Jangan sekali-kali melupakan sejarah
4. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan.

Kunjungan siswa SMAN 13 Jakarta Utara ke Museum Jenderal Ahmad Yani berakhir Pkl. 11.00 wib berjalan dengan aman tertib dan lancar

Foto dokumen kegiatan terlampir
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

FANPAGE

Blog Archive