SMA BOPKRI 2 YKA Belajar Sejarah di Museum Dharma Wiratama Yogyakarta ~ Museum Dan Monumen Pusat Disjarahad







SMA BOPKRI 2 YKA Belajar Sejarah di Museum Dharma Wiratama Yogyakarta

Hari Selasa tanggal 24 Januari 2023, 92 siswa beserta 8 guru pendamping) dari SMA Bopkri 2 Yogyakarta berkunjung ke Museum Pusat TNI-AD Dharma Wiratama jl Jenderal Sudirman no.75 Yogyakarta.

Kunjungan dengan tema *Belajar Sejarah di luar Kelas* . Rombongan tiba di Museum Dharma Wiratama pukul 08.30 Wib, diterima oleh Kpt Caj (K) Yanti Murdiani selaku Kepala Museum. Dalam sambutannya Kpt Yanti mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah SMA Bopkri 2 Yogyakarta yang telah menjadikan Museum Dharma Wiratama sebagai tempat pembelajaran sejarah di luar Kelas.
Upaya yang dilakukan sekolah ini sudah tepat karena Museum Dharma Wiratama banyak menyimpan koleksi benda² bersejarah dan tokoh² pejuang yang telah mengabdikan hidupnya untuk berjuang demi bangsa dan negara Indonesia.
"Semoga adik² bisa memetik hikmah dan meneladani semangat nasionalisme dan patriotisme para pejuang sehingga selalu bersemangat dalam belajar untuk meraih cita-cita" pesan Kpt Yanti kepada para siswa dalam sambutannya.

Rombongan siswa selanjutnya dipandu oleh Kpt Yanti, PNS. Supartiyono, Pns. Sukarjo, Pns. Sutinah, Serda Margo serta siswa SMKN. 7 Yogyakarta yang sedang melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Museum Dharma Wiratama.

Para siswa diajak melihat koleksi museum Dharma Wiratama secara lebih dekat dengan diberikan penjelasan tentang sejarah/ kisah koleksi, peran serta nilai² yang terkandung dari kisah peristiwa tersebut 
Para siswa mengikuti dan mendengarkan penjelasan pemandu dengan penuh semangat dan antusias.

Pesan moral yang disampaikan pemandu adalah:
1. Museum Pusat TNI-AD Dharma Wiratama memiliki fungsi yang sangat strategis dalam pewarisan nilai-nilai sejarah bangsa Indonesia kepada generasi muda
2.Dengan belajar dari pengalaman sejarah masa lalu, maka ke depan kita akan lebih bijak dalam menyikapi masa depan.
3. Jangan sekali-kali melupakan sejarah
4. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan.
5. Gedung Museum Dharma Wiratama sudah menjadi bangunan Cagar Budaya sehingga keberadaannya harus dipertahankan dan dilestarikan.

Kunjungan siswa SMA Bopkri 2 dalam rangka pembelajaran sejarah di museum Dharma Wiratama berlangsung sampai dengan Pkl.10.00 wib, berjalan dengan aman tertib dan lancar.

Foto dokumen kegiatan terlampir.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

FANPAGE

Blog Archive