SMAN 1 Ligung, Jawa Barat dan SMPN 1 Sanden, Bantul, Yogyakarta Meramaikan ke Museum Jenderal Besar Sudirman ~ Museum Dan Monumen Pusat Disjarahad







SMAN 1 Ligung, Jawa Barat dan SMPN 1 Sanden, Bantul, Yogyakarta Meramaikan ke Museum Jenderal Besar Sudirman

**
Hari Selasa,  tanggal 12 Desember  2023 siswa SMAN 1 Ligung Jawa Barat dan  SMPN 1 Sanden, Bantul, Yogyakarta berkunjung ke Museum Jenderal Besar Sudirman di Jln. Bintaran Wetan No.3 Pakualaman Yogyakarta. 
Dalam rangka memenuhi kurikulum T.A 2023/2024 tentang wajib kunjung ke museum, SMAN 1 Ligung, Jawa Barat yang berjumlah 172 orang siswa didampingi 12 guru serta dari siswa SMPN 1 Sanden, Bantul, Yogyakarta berjumlah 160 siswa beserta 17 guru adalah dalam rangka untuk menumbuhkan semangat Nasionalisme dan Patriotisme kepada para siswa sejak dini, kata salah seorang guru pendamping.

Setiba di Museum Jenderal Besar Sudirman pada pukul 09.00 WIB rombongan diterima oleh Mayor Caj Heru Santoso selaku Pjs. Kepala Museum Jenderal Besar Sudirman.

Kepala museum Jenderal Soedirman Mayor Caj Heru mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah SMAN 1 Ligung, Jawa Barat dan SMPN 1 Sanden, Bantul yang telah menjadikan museum sebagai tempat rekreasi dan edukasi kepada para siswa dan siswinya serta berharap kegiatan seperti ini dapat dilakukan oleh sekolah lain yang belum sempat untuk mengunjungi Museum, terutama museum Jenderal Besar Sudirman.

 Panglima Soedirman adalah merupakan sosok pahlawan yang menjadi taula dan bagi kita semua, untuk itu saya selaku kepala museum Jenderal Soedirman berharap kepada adik-adik sekalian untuk belajar meneladani sosok Jenderal Besar Sudirman dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai seorang siswa yang masih duduk di bangku sekolah dengan semangat belajar dan taat terhadap nasehat guru, adik -adik sekalian berarti sudah berusaha meneladani Bapak Panglima Besar Soedirman, untuk diketahui bahwa Panglima Besar Soedirman sebelum menjadi tentara PATA beliau juga seorang guru, untuk itu belajarlah dengan baik sehingga bisa tercapai cita-cita kalian" pesan  Mayor Caj Heru dalam mengakhiri sambutannya.

Rombongan siswa selanjutnya dipandu oleh Pelda Dani  Setiawan, Serma Joko Kiswanto, Serma Suyadi dan Pns  Wastono  untuk melihat koleksi Museum Jenderal Besar Sudirman secara langsung dan adik-adik pelajar mengikuti dan mendengarkan penjelasan pemandu dengan penuh semangat dan riang gembira.

Beberapa pesan moral yang disampaikan oleh para pemandu diantaranya adalah bahwa:

1. Museum Jenderal Besar Sudirman memiliki fungsi yang sangat strategis dalam menyampaikan nilai-nilai sejarah Bangsa Indonesia kepada generasi muda.

2. Jenderal Besar Sudirman adalah sosok Pahlawan yang garus diteladani oleh generasi muda di Indonesia. 

3. Bangunan museum Jenderal Besar Sudirman yang ada di Jln. Bintaran Wetan No.3 Pakualaman sudah menjadi bangunan Cagar Budaya sehingga keberadaannya harus dipertahankan dan dilestarikan.

4. Ingat pesan bapak Proklamator RI Ir. Soekarno "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan".
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

FANPAGE

Blog Archive