Siswa SMP Marganingsih Muntilan Ramaikan Museum Dharma Wiratama ~ Museum Dan Monumen Pusat Disjarahad







Siswa SMP Marganingsih Muntilan Ramaikan Museum Dharma Wiratama

* *
Dengan mendapat pendampingan dari para guru, 148 siswa dari  SMP Marganingsih Muntilan, Magelang pada hari Jumat  tanggal 8 Desember 2023 melaksanakan study wisata ke museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama  yang berada di Jalan Jenderal Soedirman No. 75 Yogyakarta.
Setelah diterima Kepala Museum Dharma Wiratama Kapten Caj ( K) Yanti di aula Graha Dharma Wiratama, selanjutnya para siswa dari SMP  Marganingsih Muntilan tersebut diizinkan masuk ke museum dengan mendapat pemanduan dari Sertu Margo , dan Duta museum Sdr. Kuni Kurota Akyun.

Selama kurang lebih 3 jam lamanya para siswa dari SMP Marganingsih Muntilan tersebut dengan asiknya memperhatikan berbagai koleksi museum Dharma Wiratama yang tertata dengan rapi sehingga dapat menarik perhatian dari para siswa maupun guru pendamping dari SMP Marganingsih.

Sebagai seorang guru tentunya beberapa guru SMP Marganingsih Muntilan tersebut  menginginkan agar para siswanya setelah melaksanakan kunjungan ke Museum Dharma Wiratama  mempunyai sikap dan perilaku yang meneladani para pemimpin dan pahlawan yang sudah mengorbankan jiwa dan raganya untuk kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Semangat nasionalisme tersebutlah yang menjadikan harapan sehingga para siswanya lebih giat untuk belajar dalam rangkan mencapai cita- cita yang diinginkan, ujar salah seorang guru pendamping.

Sudah barang tentu apa yang menjadi maksud maupun tujuan dari para guru pendamping tersebut  sepaham dengan harapan dari Kepala Badan Pelaksana Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama  Kolonel Arm Djati Sapto Wibowo Widodo, S.IP, sehingga pada saat mendampingi para pengunjung,  para  pemandu museum Dharma Wiratama akan selalu menyampaikan berapa berat perjuangan dan pengorbanan  bangsa indonesia dalam menjebol/mendobrak pertahanan penjajahan pada waktu itu sehingga banyaknya korban jiwa dari para pejuang bangsa Indonesia. Sejarah inilah yang tidak boleh dilupakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Setelah selesai melihat berbagai macam koleksi, rombongan siswa SMP Marganingsih Muntilan melaksanakan foto bersama di depan gedung bersejarah peninggalan yang dibangun pada tahun 1904  y g sekarang dijadikan sebagai Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

FANPAGE

Blog Archive