Siswa Dikreg LXIII Seskoad TA.2023 Berkunjung ke Museum A.H. Nasution dan Museum Jenderal Ahmad Yani Jakarta ~ Museum Dan Monumen Pusat Disjarahad







Siswa Dikreg LXIII Seskoad TA.2023 Berkunjung ke Museum A.H. Nasution dan Museum Jenderal Ahmad Yani Jakarta

Hari Rabu,, tanggal 8 November 2023, Siswa Dikreg LXIII Seskoad TA.2023 berjumlah 201 siswa, terdiri dari:
173 siswa dari TNI AD
2 siswa dari TNI AL
2 siswa dari TNI AU
18 siswa dari Kepolisian
6 siswa perwakilan dari Negara Sahabat ( Luar negeri)
Rombongan dipimpin oleh Kolonel Inf Erwin F Barend beserta 5 orang Perwira Penuntun (Patun) dari Seskoad.

Rombongan tiba di Museum Jenderal Besar DR. AH. Nasution di jln.Teuku Umar no. 40 Menteng Jakarta Pusat pada PKL.10.20 Wib, dalam keadaan aman.

Setiba di Museum Jenderal Besar DR AH.Nasution Rombongan diterima oleh Kolonel Inf Tobroni selaku Kasub MMT Disjarah TNI AD.

Guna mengoptimalkan dan mengefektifkan waktu kunjungan maka rombongan dibagi menjadi 2 Kelompok. Masing² kelompok terdiri dari 100 siswa, untuk selanjutnya masing2 kelompok secara bergantian berkunjung ke Museum Jenderal Besar DR AH Nasution sedangkan kelompok lainnya berkunjung ke Museum Jenderal Ahmad Yani dijln Lembang D 58 Menteng Jakarta Pusat.

Rombongan yang di Museum Jenderal Besar DR AH Nasution selanjutnya dipandu oleh Kpt CZI Sunardi, Peltu Anwarudin dan Serda Ali Suprapto untuk melihat dan menelusuri jejak peristiwa yang dialami Jenderal Nasution pada malam peristiwa tragedi berdarah Gerakan 30 September 1965. Yang mana Jenderal Nasution menjadi target penculikan dan pembunuhan yang dilakukan oleh suatu Gerakan yang menamakan dirinya Gerakan 30 S/PKI.

Akan tetapi Jenderal Nasution berhasil lolos dari penculikan dan pembunuhan, tetapi Kpt Piere Tendean selaku ajudan dan Ade Irma Suryani ( putri kesayangan Jenderal Nasution) menjadi korban dalam peristiwa itu.

Para siswa Dikreg LXIII Seskoad mengikuti dan mendengarkan penjelasan pemandu dengan penuh semangat dan antusias.

Sedangkan rombongan yg berkunjung ke Museum Jenderal Ahmad Yani, setiba di Museum diterima oleh Letkol Inf Usman beserta Kpt Info Agus Jamaludin.

Setelah disambut secara resmi, rombongan selanjutnya dipandu oleh Kpt Inf Agus Jamaludin, Peltu Wawan Sutrisno, Peltu Hadi Saputro dan PNS Hilmy Halim.

Rombongan dipandu untuk melihat koleksi yang ditinggalkan oleh Jenderal Ahmad Yani serta titik dimana jatuhnya Jenderal' Ahmad Yani setelah mendapat berondongan tembakan para penculik pada peristiwa G 30 S/PKI.

Pemandu menjelaskan secara kronologis peristiwa itu. Para siswa Dikreg LXIII Seskoad TA.2023 mengikuti dan mendengarkan penjelasan pemandu dengan penuh semangat.

Pesan moral yang bisa dipetik dari kunjungan ke Museum Jenderal Besar DR AH Nasution dan Museum Jenderal Ahmad Yani adalah sbb:
1. Bahwa Sejarah pasti akan berulang
2. Jadikan sejarah sebagai guru yang terbaik dalam kehidupan
3. Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah.
4. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan.

Kunjungan siswa Dikreg LXIII Seskoad TA.2023 ke Museum Jenderal Besar DR AH Nasution dan Museum Jenderal Ahmad Yani berakhir pkl.13.00 Wib, berjalan dengan aman tertib dan lancar.
Foto dokumen kegiatan terlampir.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

FANPAGE

Blog Archive