SMA Darul Faizin Caringin Kab. Bogor ke Musmon PETA Bogor ~ Museum Dan Monumen Pusat Disjarahad







SMA Darul Faizin Caringin Kab. Bogor ke Musmon PETA Bogor

* *
Pada hari Selasa tanggal 28 Nopember 2023  pukul 09.00 WIB sampai dengan 11.00 WIB 32 orang Siwa SMA Darul Faizin Caringin Kab.Bogor dengan didampingi 3 orang guru pendamping melaksanakan kunjungan ke Museum dan Monumen PETA yang berada di Kab. Bogor.
Kegiatan  Kunjungan ke Musmon PETA  tersebut dimaksudkan dalam rangka  menanamkan semangat bela negara kepada para siswa yang nantinya akan melanjutkan estafet perjuangan kepada bangsa dan negara  Republik Indonesia.

Para Siwa SMA Darul Faizin tersebut setelah diterima Kapten CAJ Dina Hamdani Nugroho selaku kepala Musmon PETA Bogor para Siwa SMA Darul Faizin selanjutnya dipandu oleh bapak Tadi Supriadi dan Ibu Yulis Pattimah untuk melihat barang-barang koleksi Museum PETA secara lengkap.

Dengan berkunjung ke Museum dan Monumen PETA tersebut agar para siwa SMA Darul Faizin nantinya dapat:

- mengenang peristiwa bersejarah perjuangan bangsa Indonesia menjelang Proklamasi Kemerdekaan bangsa Indonesia.

- Mengetahui ilmu yang selama ini belum diketahui tentang organisasi  militer yang dibentuk oleh Jepang (PETA) yang pada waktu itu bertujuan untuk mempertahankan wilayah pulau Jawa, Bali dan Sumatera.

- Mengetahui cikal bakal TNI dari PETA yang memiliki kontribusi yang tinggi dalam perjalanan sejarah perjuangan  bagi pembentukan TNI.

- Mengetahui  peran tentara PETA dalam perang kemerdekaan Indonesia sangatlah signifikan, banyak para tokoh nasional yang dulunya dari tentara PETA seperti Pangsar Jenderal Soedirman, Presiden RI ke 2 Jenderal Soeharto dan masih banyak lagi.

Sebagaimana yang disampaikan oleh salah satu yang menjadi perwakilan para Siswa SMA Darul Faizin Sdr. Maisa Ananda dalam kesannya setelah  berkunjung ke Musmon PETA  bahwa setelah melihat koleksi Museum dan mendapatkan penjelasan dari pemandu yang dengan keramahannya para rekan siswa banyak mendapatkan hal yang baru dan ilmu baru yang selama ini belum diketahui secara utuh tentang sejarah organisasi militer PETA, termasuk yang disampaikan salah satu guru pendamping bapak Bambang Muhtarudin yang menyampaikan akan rasa bangganya melihat anak didiknya yang dengan penuh antusias menanyakan hal- hal yang belum dimengerti kepada para pemandu, ke depan rencananya akan  mengajak kembali para siswa yang lainnya untuk berkunjung ke Musmon PETA, inilah tempat yang tepat untuk menjadikan museum tempat studi dan edukasi pungkasnya.


Foto dokumen kegiatan terlampir.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

FANPAGE

Blog Archive