Kunjungan SMPN 4 Banguntapan Bantul ke Museum Dharma Wiratama ~ Museum Dan Monumen Pusat Disjarahad







Kunjungan SMPN 4 Banguntapan Bantul ke Museum Dharma Wiratama


Pada hari Rabu, tanggal 13 September 2023, sebanyak 140 orang, terdiri dari 130 siswa beserta 10 guru pendamping dari SMPN 4 Banguntapan Bantul Yogyakarta, berkunjung ke Museum Pusat TNI-AD Dharma Wiratama yang terletak di Jl. Jenderal Sudirman No.75, Yogyakarta.
Kedatangan rombongan ini ke Museum Dharma Wiratama terjadi pada pukul 14.00 WIB dan mereka disambut oleh Kapten Caj (K) Yanti Murdiani, Kepala Museum Dharma Wiratama.

Kunjungan ini merupakan hasil dari inisiasi, supervisi, dan kerjasama antara SMPN 4 Banguntapan Bantul dengan Dinas Kebudayaan Provinsi DIY dalam program Wajib Kunjung Museum (WKM) Mandiri.

Program Wajib Kunjung Museum (WKM) merupakan salah satu program unggulan dan prioritas yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Provinsi DIY dengan tujuan mempromosikan museum yang berada di wilayah DIY, termasuk Museum Dharma Wiratama, kepada masyarakat Yogyakarta, termasuk siswa-siswa sekolah.

Tagline "Museum Di Hatiku" dijadikan motto oleh Dinas Kebudayaan untuk mendekatkan dan mensosialisasikan pentingnya museum kepada masyarakat dan para pelajar.

Kapten Yanti dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada SMPN 4 Banguntapan Bantul dan Dinas Kebudayaan Provinsi DIY karena telah memilih Museum Dharma Wiratama sebagai destinasi kunjungan siswa. Ia berharap kerjasama ini akan berlanjut karena program Wajib Kunjung Museum sejalan dengan peran Museum Dharma Wiratama sebagai tempat inspirasi rekreasi dan edukasi.

Kapten Yanti juga memberikan penjelasan tentang Struktur Organisasi Museum Dharma Wiratama dan menyebutkan nama pejabat Kepala Balai Kepurbakalaan Museum Pusat TNI-AD.

Rombongan selanjutnya dipandu oleh Serma (K) Suci, Kopda Irvan, PNS Wiwik, PNS Sutinah, dan PNS Wiwit, serta dibantu oleh siswa SMKN Sewon Bantul yang sedang menjalani Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Museum Dharma Wiratama. Mereka memiliki kesempatan untuk melihat koleksi museum lebih dekat dan lengkap.

Para siswa dengan antusias mengikuti dan mendengarkan penjelasan dari pemandu.

Dalam kunjungan ini, pesan moral dan hikmah yang dapat diambil adalah:

Museum Dharma Wiratama memiliki peran penting dalam mewariskan nilai-nilai sejarah bangsa Indonesia kepada generasi muda.
Keberadaan Museum Dharma Wiratama sebagai bangunan Cagar Budaya harus dilestarikan.
Sejarah tidak boleh dilupakan.
Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan.
Kunjungan siswa SMPN 4 Banguntapan Bantul ke Museum Dharma Wiratama berlangsung hingga pukul 15.00 WIB dengan lancar dan tertib.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

FANPAGE

Blog Archive