Anggota Paskibraka Kab. Batang Jawa Tengah dan SMPN 2 Garut Jawa Barat Berkunjung ke Museum Dharma Wiratama ~ Museum Dan Monumen Pusat Disjarahad







Anggota Paskibraka Kab. Batang Jawa Tengah dan SMPN 2 Garut Jawa Barat Berkunjung ke Museum Dharma Wiratama

Sabtu tanggal 2 September 2023, Siswa yang tergabung dalam Paskibraka Kabupaten Batang, Jawa Tengah melaksanakan kegiatan kunjungan di Museum Pusat TNI-AD Dharma Wiratama jl. Jenderal Sudirman no.75 Yogyakarta.
 Siswa yg tergabung dalam Paskibraka adalah para siswa yang terpilih melalui seleksi yang sangat ketat dan bertugas mengibarkan dan menurunkan bendera Merah Putih pada upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-78, tanggal 17 Agustus yang lalu di Alun² Kabupaten Batang Jawa Tengah.
Kegiatan ini diikuti 55 siswa, beserta 5 orang pendamping.
 Kunjungan ini dilaksanakan guna membangkitkan dan mempertebal semangat cinta tanah air kepada para siswa yang kelak akan menjadi generasi penerus bangsa.

Rombongan tiba di Museum Dharma Wiratama pkl.11.30 Wib dan diterima oleh Kapten Caj (K) Yanti Murdiani selaku Kepala Museum Dharma Wiratama.

"Dengan berkunjung di Museum Dharma Wiratama saya berharap bisa semakin mempertebal rasa cinta tanah air, rasa Nasionalisme dan Patriotisme" harap Kpt Yanti

Rombongan siswa Paskibraka Kab Batang selanjutnya didampingi dan dipandu Kot Yanti, Serma Setyo, Serma ( K) Suci, serta dibantu mahasiswa Stipram yang sedang melaksanakan Praktek Kerja Lapangan ( PKL) untuk melihat koleksi museum Dharma Wiratama secara dekat. 

Rombongan selanjutnya yang berkunjung di Museum Dharma Wiratama hari ini adalah rombongan siswa SMPN 2 Garut, Jawa Barat.

Rombongan berjumlah 285 swa beserta 15 guru pendamping. 

Rombongan tiba di Museum Dharma Wiratama Pkl.08 .12.00 Wib dengan aman, diterima oleh Kpt Caj ( K) Yanti Murdiani. 

Kpt Yanti mengapresiasi kunjungan ini dan berharap anak² bisa b mendapat tambahan wawasan dan pengetahuan tentang sejarah tentang perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.
"Kalian harus bisa meneladani semangat para pejuang. Semangat yang tidak mengenal menyerah dan tidak putus asa" ujar Kpt Yanti kpd para siswa.

Selanjutnya rombongan dipandu oleh Kpt Yanti dan Serma (K) Suci, Serma Setyo serta dibantu mahasisw Stipram yg sedang Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Museum Dharma Wiratama, untuk melihat koleksi museum Dharma Wiratama secara lebih dekat dan lengkap.

 Para siswa mengikuti dan mendengarkan penjelasan pemandu dengan penuh semangat dan antusias. Kunjungan berakhir Pkl.15.00 Wib 

Pesan moral yang disampaikan pemandu adalah:
1. Museum Dharma Wiratama memiliki fungsi yang sangat strategis dalam pewarisan nilai-nilai sejarah bangsa Indonesia kepada generasi muda.
2. Museum Dharma Wiratama sudah menjadi bangunan Cagar Budaya sehingga keberadaannya harus dipertahankan dan dilestarikan.
3. Mencintai dan rajin berkunjung ke Museum Perjuangan bisa sebagai media membangkitkan rasa nasionalisme dan patriotisme.
4. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan.

Kunjungan rombongan siswa Paskibraka Kabupaten Batang Jawa Tengah dan SMPN 2 Garut, Jawa'Barat di Museum Dharma Wiratama berakhir sampai Pkl. 15.00 Wib berjalan dengan aman tertib dan lancar.

Foto dokumen kegiatan terlampir.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

FANPAGE

Blog Archive