SMP Pelita Bangsa Kunjungi Museum PETA Bogor ~ Museum Dan Monumen Pusat Disjarahad







SMP Pelita Bangsa Kunjungi Museum PETA Bogor

 
Hari Rabu tanggal 30 November 2022 sebanyak 27 siswa beserta 2 orang guru pendamping dari SMP Pelita Bangsa Jakarta Barat berkunjung ke Museum dan Monumen PETA di jln Jenderal Sudirman no.35 Bogor Jawa Barat
    
Kunjungan ke Museum PETA Bogor dilaksanakan dalam rangka mengikuti Pembelajaran Sejarah di luar Kelas.

Rombongan tiba di Museum PETA Pkl.13.15 Wib dan diterima oleh Kpt Caj Dina Hamdani Nugraha selaku Kepala Museum PETA Bogor.
Dalam sambutannya Kpt Dina mengucapkan terima kasih kepada sekolah SMP Pelita Bangsa Jakarta Barat yang telah menjadikan Museum PETA sebagai Wahana untuk pembelajaran sejarah di luar Kelas. Kpt Dina berharap agar para siswa mendapat tambahan pengetahuan dan wawasan tentang perjuangan prajurit PETA dalam berjuang merebut kemerdekaan Indonesia.
" Pengetahuan sejarah tentang prajurit PETA penting diketahui para siswa karena itu menjadi modal para siswa yg pada hakikatnya mereka adalah generasi penerus bangsa " ujar Kpt Dina dalam sambutannya.

Rombongan selanjutnya dipandu oleh Serka Aldi Yendri dan Pns. Pujiyono untuk melihat koleksi museum PETA secara lebih dekat dan lengkap. 
Meskipun masih menerapkan protokol kesehatan, para siswa mengikuti dan mendengarkan penjelasan pemandu dengan penuh semangat dan antusias.

Poltak Sianturi, salah satu guru pendamping siswa SMP Pelita Bangsa dalam testimoninya mengatakan "Banyak mendapat pengetahuan dengan sudut pandang yang berbeda setelah berkunjung langsung ke Museum PETA yang bisa melengkapi dari buku² referensi yg selama ini digunakan di sekolah. Selain itu Poltak Sianturi juga mengapresiasi para pemandu yg menjelaskan Koleksi museum PETA dengan rinci dengan suasana familier" ujarnya

Sedangkan Olivia salah satu siswa yang ikut berkunjung ke Museum PETA mengatakan " Dengan berkunjung langsung ke Museum PETA dan penjelasan pemandu yang profesional, bisa mendapat dan mengerti Sejarah perjuangan prajurit PETA yg pada hakikatnya adalah embrio terbentuknya TNI" kata Olivia

Pesan moral yang disampaikan pemandu adalah:
1. Museum PETA Bogor memiliki fungsi yang sangat strategis dalam pewarisan nilai-nilai sejarah bangsa Indonesia kepada generasi penerus bangsa Indonesia.
2. Museum PETA Bogor merupakan salah satu bangunan Cagar Budaya sehingga keberadaannya harus dipertahankan dan dilestarikan.
3. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan. 
4 Jangan sekali-kali melupakan sejarah.

Kegiatan kunjungan siswa SMP Pelita Bangsa ke Museum PETA Bogor berlangsung sampai Pkl.14.30 Wib berlangsung dengan aman tertib dan lancar.
Foto dokumen dan testimoni terlampir
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

FANPAGE

Blog Archive