SMP N 1 Banjarsari Kabupaten Ciamis Kunjungi Museum Jenderal Besar Sudirman ~ Museum Dan Monumen Pusat Disjarahad







SMP N 1 Banjarsari Kabupaten Ciamis Kunjungi Museum Jenderal Besar Sudirman

Museum Jenderal Besar Sudirman yang beralamat di Jalan Bintaran Wetan No. 3, Gunungketur, Pakualaman, Yogyakarta pada hari Sabtu tanggal 5 November 2022 menerima kunjungan dari SMPN 1 Banjarsari Kabupaten Ciamis Jawa Barat.
Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka studi lapangan.

Siswa SMPN 1 Banjarsari Kabupaten Ciamis terdiri dari 490 siswa-siswi dan 54 guru pendamping.Kunjungan Rombongan yang berjumlah ratusan tersebut, tetap mematuhi ketentuan protokol kesehatan, yaitu dengan tetap mengenakan masker, jaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun. Para siswa mendengarkan dan mengikuti penjelasan pemandu dengan penuh antusias dan semangat. Bahkan tak sedikit para siswa yang bertanya karena penasaran dengan museum maupun sejarah perjuangan Jenderal Sudirman. 

"Studi lapangan dapat menjadi momen untuk memperkaya pengetahuan pelajar khususnya sejarah. Salah satu wahana yang dapat cukup mendukung hal tersebut adalah Museum Jenderal Besar Sudirman. Dengan studi lapangan di museum Jenderal Besar Sudirman , dapat menginspirasi siswa-siswi SMPN 1 Banjarsari Kabupaten Ciamis," ungkap Kabalakmusmonpus Kolonel Arm Djati Saptowibowo, S.IP dalam sambutan yang disampaikan oleh Kepala Museum Jenderal Besar Sudirman, Mayor Caj Heru Santoso. 

Pemandu menjelaskan tentang Sejarah perjuangan Jenderal Besar Sudirman beserta koleksi yang tersimpan di Museum dengan bahasa yang mudah dipahami oleh anak-anak. 

Pesan moral yang disampaikan pemandu adalah:
1. Bangsa yang besar adalah bangsa yang selalu menghargai jasa para pahlawannya.
2. Peristiwa sejarah akan selalu berulang maka jangan pernah lupakan sejarah agar hidup semakin bijak dan terarah; serta
3. Jangan pernah tinggalkan sejarah. 

#puspentni
#tniad
#dispenad
#disjarahad
#musmonpusdisjarahad
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

FANPAGE

Blog Archive