SMPN 1 Ciampel Kab. Karawang Ke Museum & Monumen PETA ~ Museum Dan Monumen Pusat Disjarahad







SMPN 1 Ciampel Kab. Karawang Ke Museum & Monumen PETA

**
SMPN 1 Ciampel Kab. Kerawang pada hari Jumat tanggal 1 Maret 2024 melaksanakan kunjungan ke Museum dan Monumen PETA yang berada di Bogor
Rombongan tiba di Museum PETA Pkl.10.00 WIB dan diterima oleh Kamusmon PETA Bogor Kapten Caj Dina Hamdani Nugraha. Setelah mendapatkan arahan rombongan siswa yang berjumlah 150 orang tersebut selanjutnya di bagi menjadi lima kelompok untuk memasuki museum. Oleh para pemandu para siswa mendapat penjelasan tentang perjuangan pasukan suka rela bentukan Jepang (PETA) yang sengaja disiapkan Jepang untuk menghadapi Sekutu. Peran PETA dalam sejarah militer Indonesia tidak bisa dipandang sebelah mata. Keberadaan mereka menjadi saksi penting dari perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan. Pembentukan dan keberadaan PETA telah memberikan dorongan dan inspirasi bagi perkembangan militer Indonesia setelah kemerdekaan. Nilai-nilai kepahlawanan dan semangat nasionalisme yang dijunjung tinggi oleh PETA terus harus terus ditanamkan dalam tradisi dan budaya TNI hingga saat ini.

Semangat inilah yang harus terus disampaikan sebagaimana arahan Kabalakmusmonpus Disjarahad Kolonel Inf Budi Mawardi Syam M. Han oleh para pemandu Musmon PETA kepada para pengunjung untuk membakar semangat kebangsaan kepada para generasi.

Bapak Drs. Rois Suryana M.Pd selaku kepala sekolah SMPN 1 Ciampel Kab. Kerawang di akhir kunjungannya mengucapkan terima kasih kepada para pemandu yang dengan gamblang dalam penjelasannya dan beberapa pesan moral yang disampaikan kepada para siswanya.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

FANPAGE