SD Muhammadiyah 2 , SMP Muhammadiyah 3 dan SMP Bopkri 2 Berkunjung ke Museum Pusat TNI-AD Dharma Wiratama Yogyakarta ~ Museum Dan Monumen Pusat Disjarahad







SD Muhammadiyah 2 , SMP Muhammadiyah 3 dan SMP Bopkri 2 Berkunjung ke Museum Pusat TNI-AD Dharma Wiratama Yogyakarta

**
Selasa tanggal 17 Oktober 2023 Sekolah Dasar ( SD) Muhammadiyah 2 Yogyakarta, Sekolah Menengah Pertama ( SMP) Muhammadiyah 3 dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Bopkri 2 Yogyakarta melaksanakan kegiatan kunjungan di Museum Pusat TNI-AD Dharma Wiratama jl. Jenderal Sudirman no.75 Yogyakarta.
Rombongan siswa SD Muhammadiyah 2 berjumlah 31 orang terdiri dari 58 siswa beserta 3 guru pendamping.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengenalkan kepada anak tentang senjata dan perlengkapan yang pernah digunakan oleh para pejuang dalam merebut kemerdekaan bangsa Indonesia . Kunjungan ini dilaksanakan guna membangkitkan rasa cinta tanah air kepada para anak agar memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme.
Rombongan tiba di Museum Dharma Wiratama pkl.10 .30 Wib dan diterima oleh Serma (K) Suci mewakili Kepala Museum Dharma Wiratama.

"Dengan belajar dan berkunjung di museum ini saya berharap anak² bisa mengenal koleksi senjata yang bernilai sejarah sehingga bisa menumbuhkan rasa cinta terhadap bangsa dan negara ungkap Serma Suci dalam sambutannya.
Anak-anak selanjutnya dipandu Serma ( K) Suci, Serma Nofendy, Pns . Wiwik, dan Sertu Margo, dibantu mahasiswa UNY dan siswa SMKN Sewon Bantul yang sedang magang dan melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di museum Dharma Wiratama untuk melihat koleksi museum secara dekat. 
Anak-snak sangat antusias dan semangat mendengarkan penjelasan pemandu.

Rombongan selanjutnya yang berkunjung di Museum Dharma Wiratama adalah rombongan siswa SMP Muhammadiyah 3 dan SMP Bopkri 2 Yogyakarta.

Rombongan siswa SMP Muhammadiyah 3 berjumlah 26 orang terdiri dari 20 siswa beserta 6 guru pendamping. Sedangkan siswa SMP Bopkri 2 berjumlah 30 orang.

Rombongan tiba di Museum Dharma Wiratama Pkl.11 30 Wib dengan aman, diterima oleh Serma Setyo.

Kunjungan siswa SMP Muhammadiyah 3 dan SMP Bopkri 2 terselenggara atas inisiasi dan supervisi Dinas Kebudayaan Provinsi DIY dalam program Wajib Kunjung Museum (WKM) secara mandiri.

Serma Setyo mengapresiasi kunjungan ini dan berharap para siswa mendapat tambahan wawasan dan pengetahuan tentang sejarah perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.
"Kalian harus bisa meneladani semangat para pejuang. Semangat yang tidak mengenal menyerah dan tidak putus asa" pesan Serma Setyo kpd para siswa.

Selanjutnya rombongan dipandu oleh Serma (K) Suci, Pns.Wiwik, Serma Nofendy, Sertu Margo P dan Pns Wiwik serta dibantu siswa SMKN Sewon Bantul yang sedang Praktek Kerja Lapangan ( PKL) di Museum Dharma Wiratama, untuk melihat koleksi museum Dharma Wiratama secara lebih dekat dan lengkap.

 Para siswa mengikuti dan mendengarkan penjelasan pemandu dengan penuh semangat dan antusias. 

Kunjungan berakhir Pkl.12. 30 Wib berlangsung dengan aman tertib dan lancar.

Pesan moral yang disampaikan pemandu adalah:
1. Museum Dharma Wiratama selain sebagai sarana inspirasi dan edukasi, museum juga berfungsi sebagai media rekreasi sehingga cocok dikunjungi oleh usia berapapun.
2. Museum Dharma Wiratama sudah menjadi bangunan Cagar Budaya sehingga keberadaannya harus dipertahankan dan dilestarikan.
3. Mencintai dan rajin berkunjung ke Museum Perjuangan bisa sebagai media membangkitkan rasa nasionalisme dan patriotisme.
4. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan.

Kunjungan siswa SD Muhammadiyah 2, SMP Muhammadiyah 3 dan SMP Bopkri 2 Yogyakarta di Museum Dharma Wiratama berakhir sampai Pkl. 13. 30 Wib berjalan dengan aman tertib dan lancar.

Foto dokumen kegiatan terlampir.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

FANPAGE

Blog Archive