SMPN 8 dan SMA BOPKRI 2 Yogya Berkunjung ke Museum Dharma Wiratama ~ Museum Dan Monumen Pusat Disjarahad







SMPN 8 dan SMA BOPKRI 2 Yogya Berkunjung ke Museum Dharma Wiratama

**
Selasa tanggal 11 Juli 2023 Sekolah Menengah Pertama Negeri ( SMPN) 8 Yogyakarta melaksanakan kegiatan kunjungan di Museum Pusat TNI-AD Dharma Wiratama jl. Jenderal Sudirman no.75 Yogyakarta.
Kegiatan ini diikuti 320 siswa beserta 30 orang guru pendamping.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengisi Masa Orientasi Lingkungan Sekolah ( MPLS) bagi para siswa baru dan untuk mengenalkan kepada anak tentang senjata dan perlengkapan yang pernah dipakai oleh para pejuang dalam merebut kemerdekaan bangsa Indonesia . Kunjungan ini dilaksanakan guna membangkitkan rasa cinta tanah air sekaligus membangun carakter anak² yang kelak akan menjadi generasi penerus bangsa.

Rombongan tiba di Museum Dharma Wiratama pkl.08.00 Wib dan diterima oleh Kpt Caj (K) Yanti Murdiani selaku Kepala Museum Dharma Wiratama.

Rombongan selanjutnya yang berkunjung di Museum Dharma Wiratama hari ini adalah rombongan siswa dari SMA BOPKRI 2 Yogyakarta.
Rombongan berjumlah 100 siswa beserta 5 guru pendamping. Rombongan tiba di Museum Dharma Wiratama Pkl.12.00 Wib dengan aman, diterima oleh Kpt Caj (K) Yanti Murdiani selaku Kepala Museum Dharma Wiratama.

Kpt Yanti mengapresiasi kunjungan ini dan berharap para siswa mendapat tambahan wawasan sejarah perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.
"Kalian harus bisa meneladani semangat para pejuang. Semangat yang tidak mengenal menyerah dan tidak putus asa" ujar Kpt Yanti kpd para siswa.

Dalam sambutannya baik kpd rombongan siswa SMPN 8 maupun SMA BOPKRI 2 Kpt Yanti menjelaskan Struktur Organisasi di Museum Pusat TNI-AD Dharma Wiratama.
Secara Struktur Organisasi, Museum Dharma Wiratama posisinya dibawah Badan Pelaksana Museum dan Monumen Pusat Disjarah TNI AD. Balakmusmonpus adalah Unit Kerja atau Badan Pelaksana yang dipimpin oleh Pamen berpangkat Kolonel.

"Saat ini Balakmusmonpus TNI AD dijabat oleh.Kolonel Arm Djati Saptowibowo, S.IP.," 
terang Kpt Yanti kpd seluruh pengunjung dalam sambutannya.

Selanjutnya rombongan dipandu oleh Kpt Yanti, Serma Setyo, Serma (K) Suci, Pns.Wiwik dan Pns.Sutinah serta dibantu para mahasiswa dari Undip dan Stipram yang sedang melaksanakan magang dan siswa SMKn 7 Yogyakarta yang sedang melaksanakan Praktek Kerja Lapangan ( PKL) di Museum Dharma Wiratama untuk melihat koleksi museum Dharma Wiratama secara lebih dekat dan lengkap. Para siswa mengikuti dan mendengarkan penjelasan pemandu dengan penuh semangat dan antusias. Kunjungan berakhir Pkl.14 00 Wib 

Pesan moral yang disampaikan pemandu adalah:
1. Museum Dharma Wiratama selain sebagai sarana inspirasi dan edukasi pengunjung, juga berfungsi sebagai media rekreasi sehingga cocok dikunjungi oleh usia berapapun.
2. Museum Dharma Wiratama sudah menjadi bangunan Cagar Budaya sehingga keberadaannya harus dipertahankan dan dilestarikan.
3. Mencintai dan rajin berkunjung ke Museum Perjuangan bisa sebagai media membangkitkan rasa nasionalisme dan patriotisme.
4. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan.
5. Jangan sekali-kali melupakan sejarah.

Kunjungan siswa SMPN 8 dan SMA BOPKRI 2 di Museum Dharma Wiratama berjalan dengan aman tertib dan lancar.

Foto dokumen kegiatan terlampir.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

FANPAGE

Blog Archive