Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unjani Kuliah KeAhmad Yanian di Museum Ahmad Yani dan Museum AH.Nasution Jakarta ~ Museum Dan Monumen Pusat Disjarahad







Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unjani Kuliah KeAhmad Yanian di Museum Ahmad Yani dan Museum AH.Nasution Jakarta



Hari Sabtu, tanggal 10 Juni 2023 Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unjani sebanyak 200 mahasiswa dipimpin oleh bapak Dr.Lukman Munawar Fauzi, S.P.,M.Si., ST., M.M., selaku dosen pembimbing berkunjung ke Museum Sasmitaloka Jenderal Ahmad Yani di jl. Lembang no.58 Menteng Jakarta Pusat dan Museum Jenderal AH. Nasution di jl. Teuku Umar no.40 Menteng Jakarta Pusat.


 Kunjungan ini dalam rangka mengikuti mata kuliah ttg
 *KeAhmad Yanian*, yang menjadi mata kuliah wajib di kampus Unjani.

 Kunjungan di awali dgn berkunjung di Museum Sasmitaloka Jenderal Ahmad Yani.Di Museum ini kunjungan dilaksanakan pada pukul 14.00 sd 15.15 wib. 

Tiba di Museum Ahmad Yani rombongan diterima oleh Kpt Caj Suroso selaku Kepala Museum Sasmitaloka Jenderal Ahmad Yani.

Dalam sambutannya Kpt Suroso mengucapkan terima kasih kepada Universitas Ahmad Yani yang menjadikan Museum Jenderal Ahmad Yani sebagai media perkuliahan khususnya mata kuliah Keahmad Yanian kepada mahasiswa dikampus Unjani.

Kapten Suroso berpesan kepada seluruh mahasiswa agar bisa meneladani rasa nasionalisme, patriotisme dan semangat rela berkorban serta mewarisi nilai² luhur demi bangsa dan negara sebagaimana ditunjukan oleh Jenderal Ahmad Yani.


Rombongan selanjutnya dipandu oleh Pelda Hadi Saputro, Pelda Wawan Sutrisno dan Pns Hilmy Halim, untuk melihat koleksi Museum Jenderal Ahmad Yani secara lebih dekat dan lengkap.

Selanjutnya Mahasiswa mendapatkan penjelasan lebih lanjut tentang Materi Mata kuliah Ke Ahmad Yanian dari Nara sumber yang disampaikan oleh ibu Ruli Yani dan Bapak Irawan Sura Edy selaku putra dan putri Jenderal Ahmad Yani. Beliau adalah saksi hidup peristiwa yang terjadi pada subuh berdarah 1 Oktober 1965.

 Para mahasiswa dengan penuh antusias mengikuti penjelasan pemandu museum dan mengikuti perkuliahan/ testimoni dari Nara sumber sebagai saksi sejarah peristiwa 30 September 1965 yang merenggut nyawa Jenderal Ahmad Yani, dengan penuh semangat dan antusias

Rombongan selanjutnya melakukan kunjungan ke Museum Jenderal Besar AH. Nasution di jl Teuku Umar no.40 Menteng. 

Mahasiswa sengaja berkunjung di Museum ini guna mendapat gambaran atau cerita yang utuh dalam Peristiwa G 30 S/ PKI karena Jenderal Nasution dan Jenderal Ahmad Yani adalah Jenderal yang menjadi target penculikan dan pembunuhan keji yg dilakukan oleh PKI dengan sebuah gerakan yg disebut Gerakan 30 S/ PKI tahun 1965.
Namun demikian Jenderal Nasution berhasil lolos dari penculikan dan pembunuhan keji ini. Akan tetapi putri Jenderal Nasution yaitu Ade Irma Suryani yang kala itu baru berusia 5 tahun, beserta Ajudan beliau yang bernama Lettu Piere Tendean menjadi korban penembakan dan penculikan.

Di Museum Jenderal AH Nasution, rombongan mahasiswa Kedokteran Unjani diterima dan dipandu oleh Kpt Czi Sunardi dan Serda Ali Suprapto untukelihat Koleksi museum Jenderal Besar AH Nasution secara lebih dekat dan lengkap.
 Para mahasiswa mengikuti dan mendengarkan penjelasan pemandu dengan penuh semangat dan antusias.

Kegiatan kunjungan dan perkuliahan mahasiswa Unjani di Museum Sasmitaloka Jenderal Ahmad Yani dan Museum Jenderal Besar AH Nasution berlangsung dengan aman tertib dan lancar

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

FANPAGE

Blog Archive