Syarat Lomba Video Pendek

 


ARTIKEL LOMBA VIDEO

MUSEUM SASMITALOKA JENDERAL BESAR SUDIRMAN


    Pendaftaran 19-27 September 2020, dapat mengisi formulir di bit.ly/VideoCosplayPahlawan, pembuatan 1 Oktober - 3 Oktober 2020, pengumpulan 1 Oktober - 5 Oktober 2020, tidak dipungut Biaya alias Gratis. 

Museum adalah sebuah institusi permanen yang melayani kebutuhan publik dengan sifat terbuka. Museum melakukan usaha pengkoleksian, mengkonservasi, meriset, mengumpulkan, menkomunikasikan, dan memamerkan kepada masyarakat sebagai upaya dalam bidang pendidikan, studi, dan kesenangan. Museum memiliki berbagai program positif yang ditujukan untuk masyarakat Indonesia. Namun, dengan melihat situasi dan kondisi selama pandemi, program-program kemuseuman tersebut menjadi terhambat. Akibatnya, masyarakat Indonesia kurang bisa menikmati hal-hal positif yang didapatkan dari museum.

Pandemi COVID-19 tentunya memberikan dampak nyata terhadap tatanan kehidupan yang selama ini dilakukan oleh masyarakat Indonesia, terkhusus masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta. Dampak yang paling terlihat adalah dari segi ekonomi dan pendidikan. Kedua bidang penting tersebut adalah bidang penunjang kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia. Saat ini, tatanan kehidupan baru, New Normal, sudah dirasakan berbagai kalangan masyarakat mulai dari anak-anak hingga masyarakat usia dewasa dan lanjut usia. Segala upaya dikerahkan untuk memastikan hal itu berlangsung dengan baik dalam rangka menyelamatkan kondisi bangsa terhadap ancaman kesehatan sekaligus hantaman ekonimi sebagai imbas dari pandemi COVID-19.

Untuk itu, demi menyelamatkan kreatifitas anak bangsa yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta, Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta bersama dengan Duta Museum untuk Museum Sasmitaloka Jenderal Besar Sudirman menggelar sebuah lomba video kreatif yang berkaitan dengan sejarah & kepahlawanan yaitu lomba Video Cosplay Pahlawan. Selain dilaksanakan untuk memperingati Hari Museum Indonesia, lomba tersebut dimaksudkan untuk menggantikan beberapa program kemuseuman yang terhambat oleh pandemi COVID-19 supaya masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta dapat tetap menikmati koleksi-koleksi dari Museum Sasmitaloka Jenderal Besar Sudirman, serta mendapatkan edukasi-edukasi terkait dengan sejarah Indonesia.

Lomba tersebut ditujukan kepada masyarakat yang berdomisili di Daerah Istimewa Yogyakarta dan minimal berusia 17 tahun. Lomba tersebut didanai sepenuhnya oleh Dana Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta sehingga para peserta lomba tidak dipungut biaya selama proses lomba termasuk dengan biaya pendaftaran (gratis). Pendaftaran lomba Video Cosplay Pahlawan tersebut sudah dibuka sejak tanggal 19 September 2020 dan akan ditutup pada tanggal 27 September 2020.

Lomba Video Cosplay Pahlawan tersebut akan dilakukan secara daring dan luring dengan menerapkan protokol kesehatan ketat yang diawasi langsung oleh pihak Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta dan pihak Museum. Pengambilan gambar dari Video tersebut sepenuhnya dilakukan di Museum Sasmitaloka Jenderal Besar Sudirman supaya masyarakat yang menjadi sasaran edukasi juga dapat menikmati koleksi-koleksi dari Museum Sasmitaloka Jenderal Besar Sudirman yang menceritakan kisah dari Jenderal Besar Sudirman selama berjuang bersama bangsa Indonesia.

Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta akan memberikan reward atau penghargan baik kepada pihak yang menjadi partisipan hingga yang memenangkan lomba ini. Total hadiah yang disiapkan bagi para peserta yang mampu menampilkan video terbaiknya-pun mencapai jutaan rupiah. Selain itu, seluruh peserta juga akan mendapatan Webinar gratis bersamaan dengan hari pengumuman yaitu tanggal 12 Oktober 2020 mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman