SMA N 1 Cikatomas Berkunjung ke Museum Jenderal Sudirman Yogyakarta ~ Museum Dan Monumen Pusat Disjarahad







SMA N 1 Cikatomas Berkunjung ke Museum Jenderal Sudirman Yogyakarta



SMAN 1 Cikatomas Jawa Barat pada hari Jumat tanggal 17 Februari 2023 berkunjung ke Museum Jenderal Besar Sudirman di Jln. Bintaran Wetan No.3 Pakualaman Yogyakarta.

Rombongan diikuti 210 siswa dan 11 guru pendamping. Rombongan siswa SMAN 1 Cikatomas tiba di Museum Jenderal Besar Sudirman Pkl.09.30 Wib dengan aman. Selanjutnya rombongan diterima oleh Mayor Caj Heru Santoso selaku Pjs Kepala Museum Jenderal Besar Sudirman di aula Museum.

Dalam sambutannya,Mayor Heru menyampaikan ucapan terima kasih kepada SMAN 1 Cikatomas yang telah mengagendakan kunjungan ke Museum Jenderal Sudirman pada kegiatan Study Tour tahun ini.

Mayor Heru berharap, kunjungan ini bisa menambah pengetahuan tentang sejarah dan perjuangan Jenderal Sudirman dalam berjuang merebut kemerdekaan. Harapan saya: "Semoga kalian bisa mewarisi semangat juang dan semangat pantang menyerah sebagaimana yang telah ditunjukkan oleh Jenderal Sudirman" ujar Mayor Heru dalam sambutannya.

Para siswa selanjutnya dipandu oleh Mayor Heru, Serma Dani Setyawan, Serma Joko Kiswanto, Serma Setyo, Serma Suyadi, Pns Agus Haryana, Pns Ediyanto dan Pns Wastono. untuk melihat dan merunut jejak perjuangan Jenderal Besar Sudirman melalui koleksi yang diabadikan di museum ini.
Para siswa mengikuti dan mendengarkan penjelasan pemandu dengan penuh semangat dan antusias.

Pesan moral yang disampaikan pemandu adalah:
1. Jenderal Sudirman adalah sosok manusia yang "sempurna" sehingga pantas diteladani oleh generasi muda.
2. Museum Jenderal Besar Sudirman memiliki fungsi yang sangat strategis dalam pewarisan nilai-nilai sejarah bangsa Indonesia kepada generasi muda.
3. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan.
4. Jangan sekali-kali melupakan sejarah
5. Museum Jenderal Besar Sudirman sudah menjadi bangunan Cagar Budaya sehingga keberadaannya harus dipertahankan dan dilestarikan.

Kunjungan siswa SMAN 1 Cikatomas Jawa Barat ke Museum Jenderal Besar Sudirman berlangsung sampai Pkl.11.00 Wib berjalan tertib, lancar dan aman.
Foto dokumentasi kegiatan terlampir.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

FANPAGE

Blog Archive