SDN Pegangsaan 01 Jakarta Berkunjung ke Museum Jenderal Ahmad Yani ~ Museum Dan Monumen Pusat Disjarahad







SDN Pegangsaan 01 Jakarta Berkunjung ke Museum Jenderal Ahmad Yani

**
 Sebanyak 215 siswa dan 7 orang Guru pendamping dari Sekolah Dasar Negeri ( SDN ) Pegangsaan Jakarta, Pusat, pada hari Selasa tanggal 28 Februarir 2023 berkunjung ke Museum Sasmitaloka Jenderal Ahmad Yani di jl.Lembang 58 Menteng Jakarta Pusat.

Kunjungan ke Museum Sasmitaloka Jenderal Ahmad Yani diselenggarakan dalam rangka belajar Sejarah di luar kelas diikuti oleh siswa kelas 3, kelas 4, kelas 5 dan siswa kelas 6.
Tiba di Museum Sasmitaloka Jenderal Ahmad Yani Pkl.09.00 Wib, rombongan diterima oleh Kpt Caj Suroso selaku Kepala Museum. 

Dalam sambutannya Kpt Suroso berterima kasih kepada pihak sekolah SDN Pegangsaan 01 Jakarta Pusat yg telah membawa siswanya untuk belajar sejarah di museum ini. Selanjutnya Kpt Suroso menyampaikan sejarah singkat bangunan Museum dan koleksi²nya serta nilai yang bisa dipetik dari peristiwa yang terjadi 57 tahun yang lalu di museum ini. Karena kunjungan dgn siswa yang cukup banyak, maka rombongan dibagi menjadi dua kelompok. Diawali dengan kelompok I yang terdiri siswa kelas 3 dan 4 terlebih dahulu dibawa masuk ke aula untuk menonton film sejarah peristiwa G 30 S/ PKI yang mengakibatkan gugurnya Jenderal Ahmad Yani. Rombongan II terdiri siswa kelas 5 dan 6 masuk museum dulu melihat koleksi.

Rombongan selanjutnya dipandu oleh Kpt Caj Suroso dan Pelda Wawan Sutrisno , dan PNS Hilmy Halim untuk melihat koleksi museum Sasmitaloka Jenderal Ahmad Yani secara langsung dan lebih dekat.
 Para siswa mengikuti dan mendengarkan penjelasan pemandu dengan penuh semangat dan riang gembira.

Pesan moral yang disampaikan pemandu adalah:
1. Peristiwa sejarah pasti akan selalu berulang.
2. Dengan belajar dari peristiwa kelam masa lalu, ke depan kita akan lebih bijak dan waspada agar peristiwa itu tidak terjadi lagi.
3. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya.
4. Jadikan Sejarah sebagai guru dalam kehidupan.

Kunjungan para siswa SDN Pegangsaan 01 ke Museum Sasmitaloka Jenderal Ahmad Yani berlangsung sampai Pkl. 11. 30 Wib berjalan dengan aman tertib dan lancar.

Foto dokumen kegiatan terlampir.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

FANPAGE

Blog Archive