Museum TNI-AD Dharma Wiratama Dikunjungi 5 Sekolah ~ Museum Dan Monumen Pusat Disjarahad







Museum TNI-AD Dharma Wiratama Dikunjungi 5 Sekolah

**
Selasa, tanggal 28 Februari 2023 Museum Pusat TNI-AD Dharma Wiratama yang terletak di Jl. Jenderal Sudirman no.75 Yogyakarta, ramai dikunjungi oleh 5 Sekolah yang berbeda.

Rombongan Sekolah yg berkunjung ke Museum Dharma Wiratama, *Pertama* dari SMPN 2 Tarik Sidoarjo Jawa Timur. Rombongan berjumlah247 siswa dan 18 guru pendamping. Rombongan tiba di Museum Dharma Wiratama pkl.08.00 Wib dalam keadaan aman.

Rombongan *Kedua* yang berkunjung ke Museum Pusat TNI-AD Dharma Wiratama adalah Anak-anak dari Taman Kanak² (TK) dan Kelompok Bermain(KB) Fawwas GIS, Timoho, Yogyakarta. Kelompok ini berjumlah 85 anak beserta 20 guru pendamping dan orang tua siswa. Rombongan tiba di Museum Dharma Wiratama pkl.09.00.

Rombongan *Ketiga* yang berkunjung adalah dari SMP IT Alam Nurish. Rombongan ini berjumlah 58 siswa dan 2 orang guru pendamping. Rombongan tiba di Museum Dharma Wiratama pkl 10.00 Wib.

Rombongan selanjutnya yang *Keempat* adalah rombongan siswa SMK Al Munawaroh berjumlah 150 siswa beserta 15 guru pendamping.

Sedangkan rombongan terakhir yang berkunjung ke Museum Pusat TNI-AD Dharma Wiratama hari ini adalah siswa SMPN 1 Jambon, Sidoarjo Jawa Timur berjumlah 330 siswa beserta 20 guru pendamping.

Rombongan siswa setiba di Museum Dharma Wiratama diterima oleh Kpt Caj (K) Yanti Murdiani selaku Kepala Museum.

Dalam setiap sambutannya Kpt Yanti mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah mengagendakan kunjungan ke Museum Pusat TNI-AD Dharma Wiratama dalam rangka Study Tour dan Wisata Sejarah. Dalam sambutannya Kpt Yanti berharap para siswa dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang sejarah dan perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan. 
" Semoga kalian semua bisa meneladani semangat para pejuang" sehingga termotivasi dan bangkit semangat belajar untuk meraih cita-cita kalian " pesan Kpt Yanti.

Rombongan siswa masing - masing selanjutnya dipandu oleh Kpt Yanti, seluruh anggota Museum Dharma Wiratama serta dibantu siswa SMKN 7 Yogyakarta yang sedang melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Museum Dharma Wiratama, untuk melihat koleksi museum Dharma Wiratama secara lebih dekat dan lengkap.
Para siswa mengikuti dan mendengarkan penjelasan pemandu dengan penuh semangat dan antusias.

Pesan moral yang disampaikan pemandu adalah:
1. Museum Dharma Wiratama memiliki fungsi yang sangat strategis dalam pewarisan nilai-nilai sejarah bangsa Indonesia kepada generasi muda.
2. Museum Dharma Wiratama selain memiliki fungsi untuk edukasi juga memiliki fungsi rekreasi sehingga cocok dikunjungi oleh para siswa usia berapapun.
3. Jangan sekali-kali melupakan sejarah
4. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan
5. Bangunan Museum Dharma Wiratama sudah menjadi bangunan Cagar Budaya sehingga keberadaannya harus dipertahankan dan dilestarikan.

Kunjungan rombongan siswa berjalan dengan aman tertib dan lancar.

Foto dokumen kegiatan terlampir.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

FANPAGE

Blog Archive