Peserta Warfare and Strategy Course TA 2022 (Unhan RI) Berkunjung ke Museum Peta ~ Museum Dan Monumen Pusat Disjarahad







Peserta Warfare and Strategy Course TA 2022 (Unhan RI) Berkunjung ke Museum Peta

Hari Rabu tanggal 7 Desember 2022, Museum dan Monumen PETA yang berada di jl. Jenderal Sudirman no.35 Bogor Jawa Barat, mendapat kehormatan dikunjungi oleh Peserta kursus Peperangan dan Strategi ( Warfare and Strategi Coouse TA.2022.

Jumlah rombongan 115 personel terdiri dari:
 Pati Bintang satu 33 orang
Pamen berpangkat Kolonel 77 orang, dan 5 orang pendamping.
Rombongan dipimpin oleh Mayjend TNI Dr.Priyanto, S.I.P., M.SI ( Han) selaku Dekan Fakultas Strategi Pertahanan UNHAN RI.

Rombongan tiba di Museum PETA Bogor Pkl. 13.45 Wib, diterima oleh Kpt Caj Dina Hamdani Nugraha selaku Kepala Museum dan Monumen PETA Bogor.
Kolonel Arm. Djati Saptowibowo,S.I.P., selaku Kepala Balakmusmonpus dalam sambutan yang disampaikan oleh Kpt Dina mengapresiasi kunjungan ini dan mengucapkan terima kasih kepada civita akademika Universitas Pertahanan RI yang mengagendakan kunjungan ke Museum PETA. 

Kolonel Djati berharap kunjungan ini membawa manfaat bagi para peserta kursus sebagai referensi dalam mengambil keputusan.
"Bapak-bapak semua adalah calon-calon pemimpin TNI" ujar Kolonel Djati mengakhiri sambutannya.

Kpt Caj Dina,Ibu Yulied Fatimah dan ibu Ani Sumarni selanjutnya memandu rombongan dan menjelaskan secara singkat sejarah bangunan Museum PETA serta koleksi yang tersimpan di dalamnya secara lebih dekat dan lengkap.

Kolonel (psk) Dicky Lukman dari Kopaskhas TNI AU yang tergabung dalam rombongan ini dalam testimoninya sangat tertarik dengan koleksi museum PETA. Di Museum PETA tergambar dengan jelas tentang Sejarah TNI, mulai dari BKR,TKR sebagai cikal bakal terbentuknya TNI. "Satu hal yang istimewa yang saya temukan disini adalah adanya diorama lahirnya Komando Pasukan Gerak Cepat( Kopasgat) yang sekarang menjadi Kopaskhas" ujar Kolonel Dicky dengan semangat.

Meskipun masih menerapkan protokol kesehatan rombongan tetap bersemangat mengikuti dan mendengarkan penjelasan pemandu. Kunjungan di Museum PETA berakhir pkl.15.45 wib berjalan dengan aman tertib dan lancar.
Pesan moral yang disampaikan pemandu adalah:
1. Museum PETA Bogor memiliki nilai sejarah yang sangat strategis terbentuknya TNI
2. Museum PETA Bogor adalah bangunan Cagar Budaya sehingga keberadaannya harus dipertahankan dan dilestarikan
3. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya
4.Jangan sekali sekali meninggalkan sejarah.
5. Sejarah adalah guru terbaik dalam kehidupan.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

FANPAGE

Blog Archive