SD Muhammadiyah Bausasran Yogjakarta kunjungi Museum Jenderal Besar Sudirman ~ Museum Dan Monumen Pusat Disjarahad







SD Muhammadiyah Bausasran Yogjakarta kunjungi Museum Jenderal Besar Sudirman

Siswa SD Bausasran pada hari Jumat, 28 Oktober 2022, pkl.08.00 -10.00 Wib. mengunjungi Museum Jenderal Besar Sudirman di Jalan Bintaran Wetan No. 3, Gunungketur, Pakualaman, Yogyakarta. 
SD Muhammadiyah Bausasran adalah sekolah yang berlokasi di Jln. Ronodigdayan no. 60, Yogyakarta.

Di sekolah ini Kegiatan kunjung museum dilaksanakan satu bulan sekali di setiap akhir bulan yang terintegrasi dalam program " Field Trip SD Muhammadiyah Bausasran. Target dan tujuan kunjung museum Jenderal Sudirman adalah mengenalkan siswa siswi tentang Jenderal Sudirman guna menanamkan nasionalisme dan rasa cinta tanah air ".

Rombongan terdiri dari 300 orang siswa, beserta 50 orang guru pendamping. Rombongan dibagi menjadi beberapa kelompok, guna mematuhi protokol kesehatan dan agar dalam penyampaian pesan bisa lebih optimal. Para siswa dengan antusias dan semangat mendengarkan penjelasan dari pemandu. 

"Sebagai fungsi Edukasi, Museum merupakan wahana yang tepat bagi anak-anak belajar tentang nilai-nilai kepahlawanan, diantaranya perjuangan Pangsar Jenderal Sudirman. Penanaman nilai-nilai kepahlawanan tersebut sangat penting, karena usia emas anak-anak adalah di mana mereka dapat tumbuh kembang dengan pesat sebagai generasi penerus bangsa, " ungkap Kabalakmusmonpus Kolonel Arm Djati Saptowibowo, S.IP dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kepala Museum Jenderal Sudirman, Mayor Caj Heru Santoso. 

Rombongan selanjutnya dipandu oleh Mayor Heru, Serma Suyadi, Serma Djoko dan Pns Wastono untuk melihat koleksi museum Jenderal Sudirman secara lebih dekat dan detail.
 Pesan moral yang disampaikan pemandu adalah:

1. Kata mutiara yang disampaikan oleh Jenderal Sudirman, yaitu "Kemerdekaan yang telah dimiliki dan dipertahankan jangan sekali-kali dilepaskan dan diserahkan siapapun yang akan menjajah dan menindas kita."
2. Jangan pernah lupakan sejarah agar hidup bisa lebih bijak dan terarah. 

Kegiatan berjalan tertib, lancar dan aman. Dokumentasi terlampir.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

FANPAGE

Blog Archive