Perwira Remaja Kodam Jaya kunjungi Museum Jenderal Ahmad Yani ~ Museum Dan Monumen Pusat Disjarahad







Perwira Remaja Kodam Jaya kunjungi Museum Jenderal Ahmad Yani

Hari Sabtu tanggal 15 Oktober 2022 sebanyak 21 Perwira Remaja dari Kodam Jaya Jakarta berkunjung ke Museum Sasmitaloka Jenderal Ahmad Yani di jl Lembang no.D. 58 Menteng Jakarta Pusat.

Perwira Remaja terdiri dari para Perwira Abituren Akmil dan Sepa PK 2022. Mereka adalah para perwira yang akan bertugas dsn berdinas di jajaran Kodam Jaya setelah selesai mengikuti pendidikan Dasar Kecabangan ( Sarcab) sesuai Kecabangan masing-masing. Dalam kunjungan di museum ini, mereka didampingi dan dipimpin oleh Letda Ckm dr.Chandra.

Kunjungan ke Museum Sasmitaloka Jenderal Ahmad Yani dimaksudkan untuk membekali para Perwira agar memiliki semangat juang, rasa Nasionalisme dan Patriotisme sebagaimana pernah dilakukan oleh Jenderal Ahmad Yani.
Selain itu, kunjungan museum juga dimaksudkan sebagai orientasi lingkungan kepada para perwira agar lebih mengenal tempat-tempat bersejarah yang berada di wilayah Kodam Jaya.

 Setiba di Museum Sasmitaloka Jenderal Ahmad Yani, rombongan diterima dan disambut oleh Kpt Caj Suroso selaku Kepala Museum Sasmitaloka Jenderal Ahmad Yani.

Kolonel Arm Djati Saptowibowo,S.I.P., selaku Kepala Balakmusmonpus dalam sambutan yg disampaikan oleh Kpt Suroso, mengapresiasi kegiatan kunjungan ini dan berharap para perwira remaja dapat belajar sejarah dari sumber secara langsung atas peristiwa yang terjadi dalam tragedi penculikan dan pembunuhan dalam pemberontakan G 30 S/ PKI tahun 1965. Dimana Jenderal Ahmad Yani adalah salah satu korbannya.
 
"Para Perwira diharapkan bisa mengambil hikmah dari kejadian itu sehingga bisa senantiasa meningkatkan kewaspadaan dalam setiap tugas" ungkap Kolonel Djati

Rombongan selanjutnya dipandu oleh Kpt Caj Suroso, Pelda Hadi Saputro dan Pns Hilmy Halim untuk melihat koleksi yg tersimpan di Museum Sasmitaloka Jenderal Ahmad Yani secara lebih dekat.

 Para perwira remaja tetap mengikuti dan mendengarkan penjelasan pemandu dengan penuh semangat dan antusias walaupun masih menerapkan protokol kesehatan di museum.

Pesan moral yang disampaikan pemandu adalah:
1. Peristiwa sejarah akan selalu berulang.
2.Setiap kejadian sejarah adalah fakta objektif tergantung kita mengintepretasi sesuai sudut pandang kita.
3.Dengan kita belajar sejarah yang kelam akan menjadikan kita lebih waspada agar kejadian serupa tidak terulang lagi
4. Jangan sekali-kali melupakan sejarah
5. Sejarah adalah guru terbaik dalam kehidupan.

Kegiatan kunjungan para Perwira Remaja berlangsung dari pkl.09.00 s.d 11.00 Wib. Berjalan dengan aman tertib dan lancar.
Foto dokumen kegiatan terlampir.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

FANPAGE

Blog Archive