Mahasiswa ISI Yogya dan Siswa SMA Marsudirini Muntilan Kunjungi Museum Dharma Wiratama ~ Museum Dan Monumen Pusat Disjarahad







Mahasiswa ISI Yogya dan Siswa SMA Marsudirini Muntilan Kunjungi Museum Dharma Wiratama

Hari Selasa tanggal 25 Oktober 2022 pkl 10.00 sebanyak 40 mahasiswa dan 2 dosen pembimbing dari Institut Seni Indonesia ( ISI) Yogya kunjungi Museum Pusat TNI-AD Dharma Wiratama jl Jenderal Sudirman no 75 Yogyakarta.
Mereka berkunjung ke Museum Dharma Wiratama dalam rangka mengikuti kegiatan Ujian Tengah Semester ( UTS) mata kuliah Melukis realis dengan obyek Museum Dharma Wiratama.
Dedy Junaedi selaku dosen pembimbing dalam sambutannya mengatakan: "Sengaja membawa mahasiswanya ke Museum Dharma Wiratama untuk ujian melukis dengan obyek lukis koleksi museum, karena Museum Dharma Wiratama dan koleksinya memiliki nilai historis dan nilai estetis yang tinggi" kata Dedy Junaedi.

Di Museum Dharma Wiratama, rombongan diterima oleh Letkol Caj Lilik Pramana,S.S. selaku Kabag Koleksi dan Pameran Balakmusmonpus., di serambi aula Ghra Dharma Wiratama. Dalam sambutannya Letkol Lilik menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan ini dan berterima kasih kepada pihak kampus ISI Yogyakarta yang telah menjadikan Museum Dharma Wiratama sebagai obyek lukis bagi mahasiswa dalam rangka Ujian Tengah Semester.
 " Semoga kelak kalian menjadi pelukis hebat dan handal dengan tetap memiliki semangat dan jiwa nasionalisme dan patriotisme yang tinggi" kata Letkol Lilik dalam sambutannya.

 Kegiatan melukis dengan obyek koleksi yang ada di Museum Dharma Wiratama berakhir pukul 15.00 dengan aman tertib dan lancar.

Pada pukul 14.00 wib Museum Dharma Wiratama juga mendapat kunjungan dari siswa SMA Marsudirini Muntilan, Magelang Jawa Tengah.
Rombongan berkunjung ke Museum Pusat TNI-AD Dharma Wiratama dalam rangka *Belajar Sejarah di Museum*

Setiba di Museum Dharma Wiratama rombongan diterima oleh Letkol Caj Lilik Pramana,S.S., di teras Museum.
Letkol Lilik dalam sambutannya memperkenalkan sejarah bangunan Museum Dharma Wiratama, koleksi yang tersimpan didalamnya dan nilai² yang bisa dipetik oleh para siswa sebagai generasi muda bangsa. "Sebagai generasi penerus bangsa, kalian tidak boleh hilang jati dirimu sebagai bangsa Indonesia" ujar Letkol Lilik.

Rombongan selanjutnya dipandu oleh Kpt Caj Yanti selaku Kepala Museum Dharma Wiratama, Pns.Sutinah, dan duta museum untuk melihat koleksi museum Dharma Wiratama secara lebih dekat. Para siswa meskipun dengan protokol kesehatan, mengikuti dan mendengarkan penjelasan pemandu dengan penuh semangat dan antusias.

Pesan moral yang disampaikan pemandu adalah:
1. Museum Dharma Wiratama memiliki fungsi yang sangat strategis dalam pewarisan nilai-nilai sejarah bangsa Indonesia
2.Peristiwa sejarah akan selalu berulang. Untuk itu kita harus selalu waspada.
3. Jangan sekali-kali melupakan sejarah
4. Sejarah adalah guru terbaik dalam kehidupan
5.Karena pentingnya fungsi museum, maka keberadaan museum Dharma Wiratama harus dilestarikan

Kegiatan kunjungan SMA Marsudirini berlangsung dari pukul 14.00 s.d. 15.30 Wib berjalan dengan aman tertib dan lancar.

Foto dokumen kegiatan dan testimoni terlampir.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

FANPAGE

Blog Archive