Kunjungan Siswa Sepa PK Akademi TNI ke Museum Jenderal Besar Sudirman dalam Rangka Latihan RPS ~ Museum Dan Monumen Pusat Disjarahad







Kunjungan Siswa Sepa PK Akademi TNI ke Museum Jenderal Besar Sudirman dalam Rangka Latihan RPS

Pada Senin, 26 September 2022, siswa Dikmapa PK TNI TA 2022 mengunjungi Museum Jenderal Besar Sudirman yang beralamat di Jalan Bintaran Wetan No. 3, Gunungketur, Pakualaman, Yogyakarta. Rombongan siswa yang ikut serta terdiri dari 138 orang siswa dan 25 orang pendamping. 
Kunjungan dilaksanakan dalam rangka tradisi latihan RPS siswa Dikmapa PK TNI TA 2022.

"Kunjungan dalam rangka tradisi latihan RPS ini merupakan cara menanamkan nilai kepahlawanan dan perjuangan Jenderal Sudirman. Diharapkan semangat patriotisme dapat tumbuh melalui kunjungan ini," ungkap Kabalakmusmonpus Letkol Arm Djati Saptowibowo, S.IP.
Menurut Komandan Sekolah Spa PK TNI, Kolonel Kav. Janto I Tehupuring mengungkapkan, pengenalan tentang kejuangan dan ketegasan Panglima Jenderal Besar Sudirman sangat kami butuhkan untuk menanamkan semangat juang dan patriotisme kepada siswa Dikmapa PK TNI TA 2022.

"Selama kedatangan kami beberapa tahun ini, pemeliharaan dan pembentukan tim di museum ini cukup baik. Pada hari ini kita lihat bahwa sudah disiapkan pemandu-pemandu yang menjelaskan kemudian mengantar tour museum. Ini sangat berarti, sangat memberikan kesan," ungkap Kolonel Kav. Janto I Tehupuring. 

Pemandu juga menyampaikan pesan kepada rombongan, di antaranya:
1. Kata mutiara Jenderal Sudirman, "Janganlah kamu berbuat seperti sapu yang meninggalkan ikatannya, sebatang lidi tidak akan berarti apa-apa, tetapi dalam ikatan sapu akan dapat menyapu segala-galanya."
2. Kata mutiara Jenderal Sudirman yaitu "Hendaknya perjuangan kita harus didasarkan atas kesucian, dengan demikian perjuangan kita selalu merupakan perjuangan antara jahat melawan suci, dan kami percaya, bahwa perjuangan suci itu senantiasa mendapatkan pertolongan dari Tuhan."
3. Peristiwa sejarah akan selalu berulang dan merupakan guru yang terbaik. Jadi jangan lupakan sejarah. Dengan belajar sejarah, hidup akan terarah atau lebih bijak dalam menentukan masa depan.

Kegiatan berjalan tertib, lancar dan aman, 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

FANPAGE

Blog Archive