Ngabuburit Sambil Berwisata Sejarah di Museum Jenderal Besar Sudirman ~ Museum Dan Monumen Pusat Disjarahad







Ngabuburit Sambil Berwisata Sejarah di Museum Jenderal Besar Sudirman


Musmonpus, Ngabuburit Sambil Berwisata Sejarah di Museum Jenderal Besar Sudirman yang bertempat di. Bintaran Wetan Gunungketur Pakualaman Yogyakarta Kamis sore 14 April 2022.

Menurut Pjs Kamus Sudirman Mayor Caj Heru Santoso bahwa Museum Jenderal Besar Sudirman ramai dikunjungi pengunjung dari Paguyuban Keparakan. Kunjungan diselenggarakan dalam rangka menunggu azan Magrib menjelang berbuka puasa pada waktu bulan Ramadan atau lebih sering dikenal dengan ngabuburit. Rombongan tersebut sangat antusias mengunjungi museum yang beralamat di di Bintaran Wetan, Gunungketur, Pakualaman, Yogyakarta ini.

lebih lanjut disampaikan bahwa rombongan terdiri dari 30 orang. Pada kegiatan ini, peserta dijelaskan mengenai sejarah gedung museum, riwayat hidup Sang Jenderal, dan tentang perjuangan Jenderal Sudirman dalam mempertahankan Kemerdekaan Indonesia. Puasa pun tidak menyurutkan semangat mereka dalam mengikuti penjelasan ketika tur museum.

Selain itu, Mayor Caj Heru Santoso juga menjelaskan mengenai 3 keistimewaan yang dilaksanakan oleh Jenderal Sudirman. Keistimewaan itu adalah menjaga sucinya dengan berwudu, selalu solat tepat waktu, dan senantiasa berdzikir untuk NKRI. Jenderal Sudirman juga mengajarkan 5 setia yaitu Setia kepada Tuhan Yang Maha Esa, Setia Ibadah, Setia ilmu, Setia Berkorban, dan Setia Perjuangan.

Acara ini adalah cara untuk memanfaaatkan fasilitas museum untuk kegiatan rohani yang edukatif. Para peserta pun mengoptimalkan waktu menunggu azan Magrib untuk berfoto maupun membuat konten yang nantinya dapat mereka jadikan kenangan dan diunggah di media sosial. Dengan adanya kegiatan ini, semoga dapat menginspirasi masyarakat untuk ngabuburit di museum sehingga dapat menambah jumlah kunjungan di museum.

Kemudian ditempat terpisah Kabalakmusmonpus Kolonel Inf Drs. Andi Muhammad Suryadarman, M.H. dalam keterangannya mengatakan bahwa Paguyuban Keparakan  dimaksudkan agar para peserta paguyuban kunjungi kunjungi museum untuk menanamkan  rasa cinta museum sehingga gemar mengunjungi museum sebagai salah satu  media pembelajaran sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia sekaligus menanamkan nilai nilai Bela Negara dan Cinta Tanah Air.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

VIDEO SLIDE

FANPAGE